Bupati Buteng Siap Copot Perangkat yang Tidak Sejalan dengan Pj Kades Baruta

Bupati Buteng Siap Copot Perangkat yang Tidak Sejalan dengan Pj Kades Baruta
Bupati Buteng H. Samahuddin, SE (Tengah, berdiri) saat menyampaikan pengarahan di depan Masjid Nurul Iman, Desa Baruta, Jumat (30/04/2021) malam.

BUTON TENGAH - Bupati Buton Tengah (Buteng) H. Samahuddin, SE telah menyampaikan peringatan keras kepada para perangkat desa yang tidak sejalan dengan Pj. Kepala Desa Baruta pada Jumat, (30/04/2021) malam.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Buteng usai pelaksanaan ibadah salat Isya di Masjid Nurul Iman di Desa Baruta. Tidak tanggung-tanggung, orang nomor satu di Kabupaten Buton Tengah ini bahkan mengancam untuk mencopot perangkat desa yang tidak mengikuti arahan Pj. Kepala Desa (Kades) Baruta saat ini.

"Malam ini saya berdiri dan saya sampaikan di masjid, mulai besok kalau tidak bersatu perangkat desanya dan tidak mau ikuti arahan Pj. Kepala Desa Baruta, maka laporkan kepada saya supaya saya pecat, saya akan cabut SKnya. Saya tidak panjang lebar, karena di sini sudah 3 kepala desa, padahal belum selesai satu periode, ini ada apa, " ujar Samahuddin.

"Pj. Kepala Desa tolong sampaikan kepada seluruh masyarakat, saya tidak mau dengar lagi ada blok-blok. Pj. Kepala Desa saya ingatkan, adakan rapat dengan semua tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, para kepala lingkungan, maupun para tokoh pemudanya, satukan mereka, " sambungnya dengan nada tegas.

Samahuddin juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Desa Baruta untuk tetap kompak dan bersatu, demi mewujudkan kebersamaan serta mendukung kelancaran tugas dan kerja Pemerintah Desa Baruta.

"Ini bulan puasa, bulan pengampunan dosa, marilah kita bersatu untuk membangun Desa Baruta ini, tetapi kalau tidak bersatu, maka jangan berharap tentang kegiatan pembangunan. Saya berharap agar Pj. Kepala Desa Baruta yang baru ini bisa satukan masyarakatnya, jangan ada lagi kelompok-kelompok, " ujar Bupati Buteng.

Sementara itu, Pj. Kades Baruta Maini saat dikonfirmasi awak Indonesiasatu.co.id mengatakan bahwa untuk langkah awal, ia siap merangkul para aparat desa maupun para tokoh masyarakat untuk bersama-sama mendukung kinerja Pemerintah Desa Baruta.

Selain itu, Maini juga siap menjalankan tugas barunya sebagai Pj. Kepala Desa, terutama yang berkaitan dengan pengelolaan Dana Desa (DD). Ia juga menyatakan siap berkoordinasi dengan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) untuk membantu kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsinya selaku Pj. Kepala Desa Baruta.

"Tugas sebagai Pj. Kades ini saya terima dengan amanah dan rasa tanggung jawab. Selanjutnya saya akan persiapkan langkah-langkah untuk pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW), " kata Maini.

Terkait dengan pemilihan Kepala Desa PAW, ia belum dapat menyebutkan target waktu pelaksanaan secara pasti. Namun, ia berharap dengan terangkatnya sebagai Pj. Kades Baruta maka masyarakat bisa kembali bersatu guna mendukung kesuksesan kinerja Pemerintah desa.

"Saya berharap silaturahminya masyarakat tetap terjalin dengan harmonis, yang kemarin-kemarin mungkin sempat terpecah belah, mudah-mudahan ke depannya mereka kembali bersatu, demi kelanjutan pembangunan di desa ini, " pungkasnya.

Sebelumnya, dengan didampingi oleh imam Masjid Nurul Iman dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Armin, S.Pd, Bupati Buteng H. Samahuddin, SE memberikan Surat Keputusan (SK) tentang pengangkatan Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades) Baruta kepada Maini (Bendahara Kantor Kecamatan Sangia Wambulu) sekira kurang lebih pukul 19.00 WITA, Jumat (30/04/2021).

Kegiatan penyerahan SK Pj. Kades Baruta tersebut dilaksanakan usai acara buka puasa bersama yang dirangkaikan dengan pelaksanaan salat tarawih berjamaah di Masjid Nurul Iman Desa Baruta, Kecamatan Sangia Wambulu.

Selain Bupati Buteng H. Samahuddin, SE, Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Buton Tengah Drs. H. Khalifah, M.Pd, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Ketua Asosiasi Kepala Desa se-Buton Tengah H. Zariun, KH. Kamaluddin, Lc., MA selaku pembawa hikmah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton Tengah Hj. Jusniar Samahuddin, A.Md.Keb, Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Buteng Hj. Ratnawati Kostantinus Bukide, serta beberapa tokoh masyarakat setempat.

Buton Tengah Sultra
La Anto

La Anto

Previous Article

Satgas Pramuka Peduli Buteng Santuni Warga...

Next Article

Letakkan Batu Pertama, ini Harapan Bupati...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 226

Postingan Tahun ini: 821

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 185

Postingan Tahun ini: 2103

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 170

Postingan Tahun ini: 2064

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 109

Postingan Tahun ini: 333

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Ridhawati Kecewa, Pasien Sakit Disuruh  Pulang

Follow Us

Recommended Posts

Pastikan Kelancaran dan Keamanan Kegiatan, Polsek Maligano Kawal Pemberian Vaksin di SMAN 1 Maligano
Ditanya Soal Suksesi Politik, Anies Basweda: 'Ora Kolu'
Kuasa Hukum Keluarga Rabiah Pertanyakan Tindakan dan Etika Pihak Polres Baubau
Grand Design Pembangunan Kependudukan Kota Baubau Mulai Disusun
Tony Rosyid: Berebut Panglima TNI