Letakkan Batu Pertama, ini Harapan Bupati Buteng

Letakkan Batu Pertama, ini Harapan Bupati Buteng
Bupati Buton Tengah, H Samahuddin SE saat Meletakkan Batu Pertama Pada Pembangunan Perumahan Subsidi Khusus Aparat Sipil Negara Lingkup Kabupaten Buton Tengah

BUTON TENGAH - Bupati Buton Tengah (Buteng) H Samahuddin SE resmi meletakan batu pertama pembangunan perumahan BTN Asri Wijaya Land yang dikhususkan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Buteng, Senin (15/3/2021).

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Yang di Dukung Bank BTN sebagai Bank yang memberikan subsidi, dalam pengelolaannya Pemda Buteng Juga Gandeng PT Liam Jaya Kendari. 

Letaknya yang cukup strategis di Atas Perbukitan sekitaran Perkantoran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Buteng Desa Walando Kecamatan Gu, KPR Perumahan BTN menyajikan pemandangan seluruh Kota Lombe dengan perbukitan hijau di sekelilingnya.

BTN Asri Wijaya Land Buteng, Amir Syarifudin Wijaya menjelaskan, Untuk tahap awal akan dibangun tipe 36 sebanyak 50 unit. Luas kintal per unitnya 10×15 meter dengan harga Rp 167 juta yang bisa dikredit ASN maksimal 20 tahun hanya dengan DP Rp 2 juta.

Masih kata dia, Spesifikasi bangunan mulai dari pondasi dengan menggunakan batu gunung, dinding batako diplaster (Aci), konstruksi beton bertulang, kusen memakai kayu wola, daun pintu kayu jati, jendela bingkai dan kaca, atap seng diamond dengan rangka baja ringan, lantai tegel 40×40, kamar mandi dengan dinding tehel 40×40, klosed jongkok plus kran air, listrik 1.300 Watt, dan sumur bor (kolektif).

“Kita akan siapkan 50 unit dulu sebagai tahap awal dengan tipe 36. Kedepannya kita juga akan bangunkan tipe 45/160 dan tipe komersil, ” jelasnya

Ia mengaku, jalan masuk perumahan sudah dibuka lebar dengan luas delapan meter dan jalan dalam kompleks enam meter dan 13 meter.

“Dalam pembangunan perumahan ini, kami bekerja sama dengan Bank BTN Cabang Kendari sebagai mitra yang akan memberikan fasilitas perkreditan bagi ASN Kabupaten Buteng yang berminat mengambil rumah dengan cara kredit, ” bebernya.

Di tempat yang sama, Wakil Pimpinan BTN Cabang Kendari, Andy Tumi, berharap selain ASN perumahan BTN Asri Wijaya Land Buteng juga dapat diminati masyarakat umum, sehingga pihak developer harus dapat menyiapkannya.

“Khusus ASN yang mengambil perumahan ini akan menikmati KPR bersubsidi, dimana uang mukanya cukup ringan dimulai satu persen dengan suku bunga lima persen sampai jangka waktu maksimal 20 tahun, ” paparnya.

Maka itu, Andy Tumi mengajak ASN Kabupaten Buteng untuk memanfaatkan program tersebut dengan sebaik-baiknya. Sebab, saat ini dimasa pandemi Covid-19 rumah sangat berarti bagi sebuah keluarga, karena banyak kegiatan dan aktivitas sekolah atau kantoran dilakukan di rumah saja.

Ia juga membeberkan target pemerintah kepada Bank BTN dalam pembiayaan perumahan. Dimana, 2021 ini ditarget sebanyak 200 ribu unit dan khusus BTN Cabang Kendari ditarget 3.000 unit.

“Alhamdulillah kita juga dibantu dari Kabupaten Buteng dengan terealisasinya perumahan BTN Asri Wijaya Land Buteng ini untuk mencapai target kami tersebut, ” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Buteng H Samahuddin secara khusus mengucapkan terima kasih kepada pihak developer PT Liam Jaya Permai yang ikut membantu program Pemkab Buteng menyiapkan perumahan bagi ASN Kabupaten Buteng.

“Kami dari pihak pemerintah sangat mengapresiasi sekali dan mensuport adanya perumahan BTN Asri Wijaya Land Buteng ini, dimana pada tahap awal pembangunan awalnya 50 unit tahun ini dikhususkan untuk ASN, ” ungkapnya.

Ia melihat letak perumahan yang berada di depan RSUD dan dekat dengan lokasi perkantoran Labungkari, maka akan memacu cepatnya pertumbuhan dan perkembangan perumahan masyarakat di luar kawasan hibah perkantoran Labungkari, yakni dari RSUD sampai Lombe.

“Saya melihatnya ini adalah lokasi strategis bagi ASN yang sudah berkeluarga dan belum memiliki rumah untuk mengambil atau mengkredit rumah di BTN Asri Wijaya Land Buteng ini, dengan pembayaran yang cukup relatif ringan” imbuhnya

Orang nomor satu di Buteng ini menyakini kerjasama yang dibangun akan mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi Masyrakat juga percepatan pembangunan di sekitar RSUD akan membangun Kantor Dinas Kesehatan, yakni disamping Gedung Obat dan Farmasi RSUD.

“orang-orang disini nantinya akan makin ramai, Mudah-mudahan dengan adanya perumahan BTN dan Kantor Dinas Kesehatan di sekitar RSUD, pembangunan cepat maju dan perputaran ekonomi di Kecamatan Gu dan Kabupaten Buteng pada umumnya lebih menggeliat lagi, ” tutupnya  (Adv) 

Buton Tengah Sultra
La Anto

La Anto

Previous Article

Empat Kali Raih WTP, Samahuddin: Hati-hati...

Next Article

Tinjau Simpang Lima Labungkari, ini yang...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 226

Postingan Tahun ini: 821

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 185

Postingan Tahun ini: 2103

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 170

Postingan Tahun ini: 2064

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 109

Postingan Tahun ini: 333

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Ridhawati Kecewa, Pasien Sakit Disuruh  Pulang

Follow Us

Recommended Posts

Pastikan Kelancaran dan Keamanan Kegiatan, Polsek Maligano Kawal Pemberian Vaksin di SMAN 1 Maligano
Ditanya Soal Suksesi Politik, Anies Basweda: 'Ora Kolu'
Kuasa Hukum Keluarga Rabiah Pertanyakan Tindakan dan Etika Pihak Polres Baubau
Grand Design Pembangunan Kependudukan Kota Baubau Mulai Disusun
Tony Rosyid: Berebut Panglima TNI